Depok – Pemerintah Kota Depok rencananya bakal mendapat penyaluran vaksin COVID-19 tahap awal pada Kamis 14 Januari 2021. Salah satu lokasi penyuntikan adalah di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Guna memastikan kesiapan untuk penyaluran vaksin tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pengecekan secara langsung ke rumah sakit itu pada Selasa, 12 Januari 2021.

“Jadi ini sebenarnya mengkonfirmasi persiapan titik pelaksanaan yang kita rencanakan launching di tempat ini, nanti pada hari Kamis, tapi tergantung besok ini Pak Presiden, kalau nggak mundur berarti ya kita Kamis,” ujarnya.

Akan tetapi, kata Idris, pihaknya akan menunggu arahan pemerintah pusat.

“Sebelum Pak Presiden launching, kita belum launching, kita sesuai dengan arahan pusat. Kalau sesuai jadwal besok pusat, kita daerah itu hari Kamis, seperti itu,” ujarnya

Berdasarkan hasil pemeriksaan di RSUI, Idris yakin vaksin sudah siap untuk disalurkan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Sudah ada perencanaan dari sisi SDM-nya, sudah cukup siap, dari sisi tempatnya juga begitu, dan juga kesiapan dan screening calon yang diberikan vaksin pada launching hari Kamis,” katanya

Rencananya, pemberian vaksin tahap awal diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, dan aparat yang sering berinteraksi dengan masyarakat, antara lain TNI-Polri dan juga satuan tugas, serta komunitas-komunitas sosial keagamaan lainnya yang sering berkomunikasi dengan masyarakat.

“Misalnya temen temen dari gereja, temen temen dari majelis taklim, majelis ulama itu juga masuk, dan komunitas-komunitas di antaranya kalian para wartawan, harus didaftar kesiapan dan screeningnya, siap kan,” tanya Idris.