Depok – Kota Depok resmi menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional sejak Jumat, 5 Juni 2020 sebagai transisi menuju adaptasi kebiasaan baru. Kebijakan tersebut berlaku hingga Kamis, 2 Juli 2020.

Bukan hanya di Depok, PSBB Proporsional juga berlaku di daerah penyangga ibu kota lainnya seperti Bogor dan Bekasi.

Kendati demikian, warga tetap diwajibkan menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

Pada masa PSBB Proporsional ini, Wali Kota Depok, Mohammad Idris meninjau Trans Studio Mall Cibubur untuk melihat persiapan pembukaan pusat perbelanjaan dengan protokol kesehatan.

Dalam peninjauan tersebut, Mohammad Idris melakukan pengecekkan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok.

“Hasil peninjauan memang kita sudah sosialisasi ini sepekan yang lalu, seharusnya memang semua sudah siap,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Selasa (16/6/2020).

Dalam pembukaan nanti kata Idris, tenant yang dibuka adalah supermarket, toko fesyen, food and beverage, dan toko elektronik.

Sementara itu, untuk hiburan seperti tempat bermain anak, bioskop, salon, dan gym belum akan dibuka dalam waktu dekat.

Selain itu, segala proses transaksi mulai dari parkir sampai di tenant akan menggunakan cashless untuk menghindari kontak fisik yang berlebihan.

Lebih lanjut Mohammad Idris mengungkapkan, pembukaan mal di Kota Depok seluruhnya akan diawasi selama satu minggu lalu dievaluasi sampai 2 Juli 2020.

“Kami akan kontrol selama seminggu oleh dinas dan juga Satpol PP sebagai penegak perda,” tandasnya.