Depok, Ujung Pena
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok akan terus memaksimalkan tiga fungsi untuk meningkatkan perannya mensejahterakan masyarakat.

Di antaranya peningkatan fungsi pengawasan, pembentukan peraturan daerah (perda) sesuai kebutuhan masyarakat, dan penganggaran.

Ketua DPRD Depok Teuku Muhammad (TM) Yusufsyah Putra mengatakan, fungsi peningkatan pengawasan tersebut terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Pengawasan dilakukan untuk memelihara akuntabilitas publik. 

“Sebagai pengawas dan pemantau, DPRD akan terus mengawasi penggunaan anggaran yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya saat menghadiri kegiatan Forum Rencana Kerja (Renja) Sekretariat Daerah DPRD Kota Depok tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Depok, Senin (24/02/20). 

Dia menuturkan, untuk pembentukan perda, DPRD akan terus berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait. Pasalnya, pembentukan atau revisi perda dapat dilakukan berdasarkan inisiasi DPRD maupun pemerintah.

Selanjutnya, sambung Putra, untuk peningkatan fungsi anggaran dilakukan sesuai dengan proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  Depok. Tentunya, imbuhnya, sesuai dengan dokumen perencanaan yang telah ditetapkan. 

“Penyusunan kebijakan anggaran akan disesuaikan dengan perencanaan dan sejalan dengan program,” tambahnya. 

Terakhir, dirinya berharap, dengan mengoptimalkan tiga fungsi tersebut dapat merealisasikan usulan masyarakat. Hal tersebut agar warga  Depok dapat lebih meningkat status hidupnya dan lebih sejahtera.

Sekretariat DPRD Depok menggelar Forum Rencana kerja (Renja) Perangkat Daerah Kota Depok tahun 2021 di gedung paripurna DPRD Depok, Senin (24/2/2020)

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Depok Kania Parwanti mengatakan Forum Renja tahun 2020-2021 ini adalah forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang kecamatan dengan SKPD (Renja SKPD) yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh SKPD terkait

” Tujuannya adalah penyelarasan usulan antara hasil-hasil Musrenbang kecamatan dengan draf renja SKPD, serta memberikan kesempatan kepada kelompok sektoral untuk memberikan masukan dan usulan kegiatan yang dinilai mampu mengatasi persoalan yang ada di sektor tertentu,” ujar Kania

Dikatakan Kania tugas Sekretariat DPRD Depok adalah Membantu legislatif melaksanakan pendukung urusan pemerintahan, dan berfungsi sebagai penyelenggara administrasi kesekretariatan dan penyelengara administrasi keuangan DPRD serta memfasilitasi penyelenggaraan rapat DPRD.

“Presentasi terbesarnya adalah rencana kerja dewan, karena tugas setwan adalah pelayanan sehingga DPRD dapat melaksanakan tiga fungsinya dengan baik,” katanya. (Lk)