Depok, UjungPena

Dinas Pendidikan Kota Depok terwakili oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Haraki yang berhasil menjadi juara utama lomba budaya mutu sekolah dasar dalam kategori Manajemen berbasis sekolah tingkat nasional tahun 2018. SDIT Al Haraki mendapat sertifikat akreditasi perpustakaan dari perpustakaan nasional republik Indonesia

Selain SDIT, SMP IT Al Haraki juga mendapatkan sertifikat akreditasi yang diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna usai apel pagi di lapangan balaikota, Jalan Margonda, Pancoran Mas.

Menurut wakil kepala sekolah bidang kehumasan SDIT Al Haraki, Hidayat, mutu adalah salah satu program direktorat pembinaan sekolah dasar dan Dirjen Pendidikan dasar dan menengah Kemendikbud RI.

Lomba tersebut dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, dengan komponen penilaian mencakup pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah serta ekstrakurikuler. Sasarannya 1.542 sekolah dasar seluruh Indonesia.

“Setelah proses seleksi menjadi 140 sekolah untuk dilakukan visitasi, dan selanjutnya ditetapkan sebanyak 120 sekolah yang berhak mengikuti Grand Final di Kota Solo pada tanggal 23-26 Oktober 2018.katanya usai menerima anugerah,” kata Hidayat (5/10/2018).

Pemberian Sertifikat Akreditasi, menurut Hidayat juga berdasarkan evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan dan menetapkan Perpustakaan SDIT Al Haraki menunjukan kesesuaian terhadap Standar Nasional perpustakaan dengan nilai Predikat AKREDITASI A.

Perpustakaan SDIT Al Haraki merupakan satu-satunya di kota Depok yang terakreditasi A, lanjut dia, seperti yang disampaikan oleh Bapak Nurcahyo dari Perpustakaan Nasional, pada Visitasi Akreditasi beberapa bulan yang lalu.

Ia juga sampaikan maksud dan tujuan dilakukan akreditasi perpustakaan sekolah. Adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

Selain itu manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya.

“Setelah Melalui proses Visitasi oleh Perpustakaan Nasional RI, Perpustakaan SDIT Al Haraki Depok, berhasil meraih Nilai Akreditasi A dalam penilaian Akreditasi yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk Jenjang Sekolah Dasar”,papar Hidayat. (Lk)