Unindra dan Pemkab Kebumen Gelar Diskusi Geopark

Ujung Pena, Jakarta
Team Masterplan Geopark Karangsambung-Karangbolong dari Unindra menghadiri undangan diskusi dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kebumen tentang masterplan Geopark sebelum disampaikan sebagai laporan kepada Bupati Kebumen yang rencananya akan di lakukan pada Minggu ke 4 (Empat) di Bulan November 2019 ini .

“Iya,team Masterplan Goepark Karangsambung-Karangbolong hadir menerima undangan Pemda Kebumen bersama Dinas-dinas terkait dan juga pengelola Geopark untuk mendiskusikan masterplan yang telah selesai disusun oleh team master plan UNINDRA sebelum diajukan sebagai laporan akhir masterplan karangsambung-karangbolong kepada Bupati Kebumen,”ujar Tulus Widjajanto.S.T,M.M kepada media melalui telepon seluler ,Selasa (05/11/2019).

Tulus Widjajanto yang merupakan Ketua Team Geopark Karangsambung-Karangbolong dari Universitas Indra Prasta PGRI (Unindra)menuturkan bahwa, dalam pertemuan itu secara umum rencana induk pengembangan/masterplan Geopark Karangsambung-Karangbolong ini mendapatkan aspresiasi dari para audensi yang hadir pada undangan tersebut atas paparan ,analisis dan juga strategi yang disampaikan oleh Team Masterplan Geopark dari Unindra.

“Diskusi ini mendapat aspresiasi dari para undangan yang hadir terhadap apa yang disampaikan oleh team seperti ,paparan analisis dan strategi pengembangan ,”sebut Dosen Unindra yang saat ini lagi menempuh gelar Doktor

Lebih lanjut Tulus menuturkan bahwa ,dari persiapan kelengkapan dan penyempurnaan dari masterplan Geopark yang akan disampaikan kepada Bupati Kebumen terdapat adanya tambahan revisi yang akan menguatkan masterplan Geopark tersebut.
“Dari diskusi ini ada beberapa tambahan revisi yang akan dilakukan ,setelah itu Team akan melaporkan dan menyampaikan kepada Bupati Kebumen .”cetusnya

Menurut rencana,jelas Tulus,rencananya pada Minggu ke Empat mendatang ,laporan akan disampaikan pada Bupati Kebumen selanjutnya untuk di Sah kan sebagai dasar induk perencanaan pengembangan Geopark Karangsambung dan Karangbolong.
“Inshaa Allah,pada Bulan Nopember tahun ini pada Minggu ke 4,masterplan Goepark ini akan diserahkan kepada Bupati Kebumen dan selanjutnya menjadi harapan untuk di sah kan sebagai dasar dari perencanaan induk pengembangan Geopark,”ucapnya

Ditambahkannya,setelah di sah kan ,nantinya Unindra secara langsung melaksanakan program-progran Abdimas (Pengabdian Masyarakat) serta melakukan penelitian sebagai realisasi program dari pengembangan rencana induk Geopark Karangsambung dan Karangbolong.
“Unindra akan segera melakukan program-program Abdimas dan penelitian,”jelasnya

Menurutnya,program awal yang akan dilakukan Unindra adalah melaksanakan pelatihan pemanfaatan kain perca batik diolah menjadi souvenir.Program ini di sinergikan bersama Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan)Kebumen.
“Program awalnya Abdimas Unindra nantinya akan melakukan pelatihan tentang pemanfaatan kain perca menjadi souvenir,”ucapnya

Hadir dalam diskusi tersebut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ,Kepala Penanggulangan Bencana Daerah ,Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah. Diskusi tersebut mengacu surat yang disampaikan oleh Unindra bernomor : 547/R/Unindra/2019 tertanggal 29 Oktober 2019. Adapun masterplan Geopark Karangsambung dan Karangbolong tersebut nantinya untuk menghantarkan Geopark Karangsambung dan Karangbolong mendapat pengakuan menjadi Geopark Unesco. (Sams)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *